Baca juga tulisan menarik lainnya
Seorang istri yang baik berkata pada suaminya :
Suamiku...Jika aku patuh padamu,aku akan masuk surga
Jika engkau patuh pada ibumu,kau akan masuk surga
Maka...dahulukanlah berbakti pada ibumu
Sedang aku akan selalu berbakti padamu
Agar kelak kita juga akan selalu bersama di surga.
Mana yang lebih di dahulukan,manakah yang lebih utama menghormati ibu/orang tua dan suami? Berangkat dari sabda Rasulullah yang berbunyi: "Siapa yang harus
dihormati, ibumu, ibumu, ibumu, baru bapakmu.".
dari sabda di atas,kami akan memberi sedikit klarifikasi Bahwasan nya bagi seorang wanita yang belum menikah maka orang tua lebih berhak
untuk ditaati. Namun ketika ia telah menikah maka taat kepada suami
merupakan kewajiban yang lebih diutamakan melebihi orang tuanya.
Ketaatan yang dimaksud di sini tentu saja bukan hal yang berhubungan
dengan perkara maksiat.
Sebagaimana sabda Nabi:
لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق
\“Tidak ada kewajiban taat kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Al Khaliq (Maha Pencipta). (HR. Bukhari no. 6830, Muslim no. 1840 dan Nasai no. 4205).
Apabila ketaatakan kepada suami berseberangan dengan ketaatan kepada
orang tua, maka bagi seorang wanita (istri) muslimah wajib mendahulukan
ketaatan kepada suaminya. Imam Ahmad berkata tentang wanita yang
memiliki suami dan seorang ibu yang sedang sakit: “Ketaatan kepada
suaminya lebih wajib atas dirinya daripada mengurusi ibunya, kecuali
jika suaminya mengizinkannya”.
Seorang wanita tidak boleh mentaati kedua orang tuanya untuk berpisah
dengan suaminya, tidak pula mengunjunginya dan semisalnya. Bahkan
ketaatan kepada suaminya lebih wajib.
Kewajiban seorang istri untuk mentaati suaminya sangat tegas
dinyatakan dalam agama Islam.
Hal ini tertuang dalam sabda Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam:
عن أبي هريرة، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: لو كنت آمرا أحدا أن يسجد لأحد لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها
Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau
bersabda: “Andai boleh kuperintahkan seseorang untuk bersujud kepada
yang lain tentu kuperintahkan seorang istri untuk bersujud kepada
suaminya”. (HR. Tirmidzi no. 1159).
Terkait masalah yang ditanyakan oleh saudara penanya maka jawabannya
tidak bertentangan karena konteksnya sudah berbeda.
Berdasarkan hadits
riwayat Imam Ahmad dan Imam Nasai serta dishahihkan oleh Imam Hakim.
سألت النبي صلى الله عليه وسلم أي الناس أعظم حقا على المرأة قال زوجها قلت فعلى الرجل قال أمه
Dari Aisyah RA: “Saya pernah bertanya kepada Nabi shallallahu
alihi wa sallam, siapakah yang paling besar haknya terhadap seorang
wanita?” Beliau menjawab: “Suaminya”. Aku bertanya lagi: “dan terhadap
lelaki?” Beliau menjawab: “ibunya”.
Jadi kesimpulannya adalah jika seorang wanita telah menikah maka
kepatuhan terhadap suami lebih utama ketimbang orang tua. Dan bagi
seorang lelaki meski ia sudah menikah maka kepatuhan terhadap orang tua
tetap lebih utama tanpa mengesampingkan urusan rumah tangganya.
Wallahu a’lam.
Referensi:
1. Syarh Muntaha al Iradat juz 3 hal. 47
و) للزوج (منع كل منهن) أي: من زوجاته (من الخروج) من منزله
إلى ما لها منه بد ولو لزيارة والديها أو عيادتهما، أو شهود جنازة أحدهما
قال أحمد في امرأة لها زوج وأم مريضة: طاعة زوجها أوجب عليها من أمها إلا
أن يأذن لها (ويحرم) خروج زوجة (بلا إذن أو) بلا (ضرورة) كإتيان بنحو مأكل
لعدم من يأتيها به لحديث أنس: ” «أن رجلا سافر، ومنع زوجته الخروج فمرض
أبوها فاستأذنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في حضور جنازته فقال لها:
اتقي الله ولا تخالفي زوجك. فأوحى الله إلى النبي صلى الله عليه وسلم إني
قد غفرت له بطاعتها زوجها» ” رواه ابن بطة في أحكام النساء، وحيث خرجت بلا
إذنه بلا ضرورة (فلا نفقة) لها ما دامت خارجة عن منزله إن لم تكن حاملا
لنشوزها (، وسن إذنه) أي: الزوج لزوجته في خروج (إذا مرض محرم لها) لتعوده
(أو مات) محرمها لتشهده لما فيه من صلة الرحم وعدم إذنه يحمل الزوجة على
مخالفته وقد أمره الله تعالى بالمعاشرة بالمعروف وليس هذا منها
1. Al Inshaf juz 8 hal. 362.
لا يلزمها طاعة أبويها في فراق زوجها، ولا زيارة ونحوها. بل طاعة زوجها أحق
3. Tuhfah al Ahwadziy juz 4 hal. 271.
لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ لَأَمَرْتُ المَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا
……………………………………………………………………
قوله (لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها) أي لكثرة حقوقه عليها
وعجزها عن القيام بشكرها وفي هذا غاية المبالغة لوجوب إطاعة المرأة في حق
زوجها فإن السجدة لا تحل لغير الله
4. Fathul Bari li Ibni Hajar juz 10 hal. 401.
وأشار بن بطال إلى أن الترتيب حيث لا يمكن إيصال البر دفعة
واحدة وهو واضح وجاء ما يدل على تقديم الأم في البر مطلقا وهو ما أخرجه
أحمد والنسائي وصححه الحاكم من حديث عائشة سألت النبي صلى الله عليه وسلم
أي الناس أعظم حقا على المرأة قال زوجها قلت فعلى الرجل قال أمه ويؤيد
تقديم الأم حديث عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده أن امرأة قالت يا رسول الله
إن ابني هذا كان بطني له وعاء وثديي له سقاء وحجري له حواء وإن أباه طلقني
وأراد أن ينزعه مني فقال أنت أحق به ما لم تنكحي كذا أخرجه الحاكم وأبو
داود
5. Al Mausu’ah al Fiqhiyyah juz 19 hal. 109-110.
وللزوج منع زوجته من الخروج من منزله إلى ما لها منه بد،
سواء أرادت زيارة والديها أو عيادتهما أو حضور جنازة أحدهما. قال أحمد في
امرأة لها زوج وأم مريضة: طاعة زوجها أوجب عليها من أمها إلا أن يأذن لها،
وقد روى ابن بطة في أحكام النساء عن أنس أن رجلا سافر ومنع زوجته من الخروج
فمرض أبوها، فاستأذنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في عيادة أبيها فقال
لها رسول الله صلى الله عليه وسلم اتقي الله ولا تخالفي زوجك فأوحى الله
إلى النبي صلى الله عليه وسلم: إني قد غفرت لها بطاعة زوجها ولأن طاعة
الزوج واجبة، والعيادة غير واجبة فلا يجوز ترك الواجب لما ليس بواجب. ولا
ينبغي للزوج منع زوجته من عيادة والديها، وزيارتهما لأن في منعها من ذلك
قطيعة لهما، وحملا لزوجته على مخالفته، وقد أمر الله تعالى بالمعاشرة
بالمعروف، وليس هذا من المعاشرة بالمعروف
http://www.fikihkontemporer.com
Good
BalasHapus